margisukses.blogspot.com - Bisnis online dengan berjualan
secara online bisa menjadi pilihan. Namun tidak sedikit yang mengalami
penipuan. Penjualan offline atau bertemu langsung antara penjual dan pembeli
saja sering terjadi penipuan apalagi dalam jualan online yang tidak
bertemu langsung. Bentuk penipuan yang bisa menimpa penjual online atau online
seller adalah ketika barang sudah dikirim namun si pembeli tidak mengirimkan
sisa uang yang harus ditransfer. Artinya penjual hanya menerima separo harga
penjualan. Namun jika anda tertarik menjalankan bisnis seperti ini, anda tidak
perlu khawatir asal menjalankan bisnis dengan waspada dan berhati-hati.
Tips untuk
berjualan online bagi anda agar memperoleh kepercayaan calon pembeli dan
memperoleh pembeli yang jujur dan tidak melakukan penipuan. Tips yang bisa anda
lakukan antara lain :
- Tampilkan gambar-gambar barang yang anda jual. Misalnya sepatu, baju, kaos, jam tangan dan lainnya. Anda harus melakukan update foto-foto barang yang dijual. Jika sudah terjual bisa dihapus gambarnya atau beri keterangan di bawahnya, sudah terjual. Sehingga tidak membingungkan calon pembeli.
- Selain menampilkan gambar juga beri keterangan selengkap mungkin mengenai barang yang dijual. Misalnya ketersediaan warna, ukuran, jumlah barang, cara pemesanan dan juga cara pembayaran. Penjelasan yang lengkap bisa menjadi salah satu hal yang membuat calon pembeli tertarik.
- Untuk menghindari penipuan anda sebaiknya memberikan persyaratan uang pembayaran 100% di awal. Jika sudah ditransfer baru barang akan dikirim. Jika calon pembeli ingin hanya membayar 50% di awal karena khawatir anda tidak akan mengirimkan barang tersebut yakinkan kepada pembeli anda, bahwa anda akan mengupload atau mengirimkan bukti atau resi pengiriman maupun bukti-bukti pembayaran lainnya.
- Berilah garansi juga bahwa anda akan mengganti barang tersebut jika ternyata barang rusak atau cacat.
- Jika terjadi permasalahan dengan pembeli maka selesaikan dengan bijak jangan berbelit-belit dan terkesan menghindar. Karena hal tersebut justru akan merugikan anda.
- Jalinlah komunikasi dengan pembeli-pembeli anda. Misalnya setiap ada produk baru atau sebulan sekali, tag mereka mengenai barang-barang baru anda. Namun jangan terlalu sering karena bisa saja hal tersebut akan menganggu mereka.
- Mintalah testimoni mereka mengenai barang-barang yang telah mereka beli dari anda. Selain bisa menjadi masukan bagi anda juga bisa menjadi promosi bagi anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar